KesehatanKapan Anda Sebaiknya Memutuskan Ikut Program Kehamilan?

Kapan Anda Sebaiknya Memutuskan Ikut Program Kehamilan?

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin tahu bagaimana cara menghitung masa subur. Salah satu alasannya adalah agar ia mudah hamil. Ini biasanya dilakukan oleh wanita yang ingin sekali mendapatkan momongan. Atau sudah lama tidak bisa hamil sehingga ia mencari waktu subur agar pada waktu itu ia bisa berhubungan dengan suami. Tujuannya sama, yaitu agar kemungkinan hamil tinggi.

Akan tetapi, apakah itu berhasil? Beberapa pasangan berhasil. Namun, banyak yang tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Hingga akhirnya mereka membuat keputusan final, yaitu ikut program kehamilan.

Menghitung Masa Subur

Ini program yang langsung dipantau oleh ahli atau dokter kandungan. Karena dipantau oleh ahlinya langsung, banyak pasangan suami istri yang yakin jika ini cara yang paling tepat.

Tentu tidak masalah jika pasangan tersebut punya banyak uang. Bagaimana jika tidak? Karena program kehamilan itu butuh biaya yang tidak sedikit seperti biaya konsultasi, obat-obatan yang harus dikonsumsi, suplemen, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, jika ditanya kapan sebaiknya pasangan suami istri memutuskan untuk mengikuti program kehamilan, jawabannya ketika mereka sudah melakukan banyak alternatif lain. Baru kemudian jika tidak berhasil, program kehamilan ini bisa menjadi cara pamungkas.

Resep Orang Kuno Tentang Kesuburan

Anda tahu bedanya antara orang dahulu dengan sekarang? Dulu, banyak sekali keluarga yang memiliki anggota lebih dari 4. Anaknya lebih dari 2, tidak seperti sekarang. Dan walaupun sang ibu sudah tidak lagi muda, banyak juga yang tetap mengandung dan melahirkan anak yang sangat sehat.

Mengapa bisa demikian?

Tentu saja beda antara dulu dengan sekarang. Sekarang ini, sudah dicanangkan program KB (keluarga berencana) di mana setiap keluarga diharapkan hanya punya 2 anak saja. Namun, bukan itu yang menjadi persoalan. Mengapa orang dulu yang bisa dikatakan kondisi kesehatan atau fasilitas kesehatan tidak secanggih hari ini bisa hamil dengan sangat mudah? Sementara sekarang ini dengan kondisi kesehatan yang jauh lebih bagus justru banyak pasangan yang sulit mendapatkan momongan.

Ternyata, hal tersebut disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Memang saat ini fasilitas kesehatan semakin lengkap dan mudah ditemukan. Namun, apakah itu searah dengan kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kesehatan? Di bebeapa hal, tentu saja searah. Namun, di berbagai sisi, belum. Contohnya saja bagaimana sekarang ini orang-orang lebih suka mengkonsumsi makanan fast food yang sudah dikatakan bukan makanan yang sehat. Dan inilah yang juga menjadi salah satu faktor mengapa wanita sulit hamil. Nutrisi yang tidak tercukupi membuat seorang wanita tidak subur sehingga sulit untuk mengandung.

Yang lebih parah lagi adalah obesitas atau kegemukan. Masalah ini biasanya banyak dialami oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. Kota yang sibuk membuat mereka tidak punya waktu untuk olahraga. Apalagi ditambah lagi dengan kegiatan setiap hari yang super sibuk sehingga mereka memang benar-benar tidak punya waktu untuk olahraga. Belum lagi masalah pola makan yang kurang sehat. Jelas angka obesitas tinggi.

Dan jika Anda punya masalah dengan kegemukan badan, jangan bicara dulu mengenai masa subur karena ternyata subur atau tidaknya wanita itu sangat tergantung pada berat badan.

Para dokter kandungan mengatakan kasus kegemukan menjadi penyumbang utama risiko wanita sulit hamil. Begitu pun sebaliknya ketika berat badan wanita jauh di bawah angka normal.

Jadi, berat badan harus ideal. Berat badan ini tidak hanya menentukan kondisi kesehatan tapi juga penentu kesuburan.

Kesehatan Suami Juga Menentukan Lho

Muncul stigma yang kurang enak didengar. Jika ada pasangan tidak kunjung dikarunai momongan, maka yang disalahkan adalah sang istri. Ia dianggap tidak subur. Padahal, kesehatan suami juga berpengaruh. Bisa saja justru suami yang tidak subur karena suami tidak memperhatikan kondisi kesehatannya.

Oleh sebab itu, keduanya, suami dan istri, harus menjaga kondisi kesehatan. Karena dengan cara itulah mereka bisa lebih subur. Dan mereka bisa lebih cepat mendapatkan anak.

Setelah fokus menjaga kesehatan dilakukan, baru kemudian pasangan bisa mulai mencari tahu mengenai cara menghitung masa subur. Dengan demikian, mereka bisa melakukan hubungan sehingga benar-benar cepat mendapatkan momongan.

Sebenarnya ada hitung-hitungannya kapan Anda dalam masa subur, yaitu pada 13 hari setelah mensutrusi berakhir. Jadi, jika Anda selesai menstruasi tanggal 2, maka tambahkan saja 13. Tanggal 15 adalah masa subur Anda.

Namun, ini tidak hanya masalah hitung menghitung. Ini juga berhubungan dengan kondisi kesehatan. Biasanya, wanita yang dalam masa subur memiliki suhu tubuh sekitar 36 – 17 derajat celsius.

Selain itu, para ahli kandungan juga menyarankan agar Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang kandungan asam folatnya tinggi. Kandungan nutrisi inilah yang akan membuat Anda semakin subur. Tidak perlu membeli produk yang mahal. Cukup Anda perlu rutin mengkonsumsi sayuran hijau karena di dalamnya terdapat asam folat yang tinggi. Begitu juga dengan beberapa buah-buahan seperti alpukat, jeruk, dan juga pisang.

Jadi, Anda tidak hanya harus tahu bagaimana cara menghitung kesuburan tapi juga perlu meningkatkan bagaimana cara membuat Anda subur. Jaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup yang baik. Ini intinya.

Apakah Anda perlu ke dokter untuk ikut program kehamilan? Sebenarnya, program kehamilan juga seperti apa yang dijelaskan tersebut di atas. Program kehamilan pada intinya mengarahkan Anda agar hidup sehat dan akhirnya kesuburan meningkat.

Categories: Kesehatan Tags:

Comments

No Comments Yet. Be the first?

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *