Lifestyle, Travelling5 Tips Hemat Berbelanja saat Anda Liburan ke India

5 Tips Hemat Berbelanja saat Anda Liburan ke India

India sudah umum diketahui sebagai pusatnya peradaban agama Hindu. Para penganut agama Hindu di Indonesia juga memiliki nenek moyang di India. Di kota-kota India amat ramai dengan aneka kegiatan jual-beli. Maklum saja. India kan termasuk salah satu negara terpadat di dunia. Jadi, ketika Anda berniat belanja di India, terapkan 5 tips hemat ini.

Liburan Ke India

1. Pastikan Asuransi Perjalanan Anda Aktif

Sebagai salah satu negara terpadat di dunia, India cukup rawan terjadi pencopetan saat berada di kawasan pasar. Oleh karena itu, Anda wajib memiliki asuransi perjalanan yang aktif. Biar sewaktu-waktu dibutuhkan, bisa langsung digunakan. Asuransi juga bisa menjadi benteng tangguh ketika tiba-tiba Anda terserang penyakit di sana.

Begitu pula ketika uang hilang tanpa diketahui sebabnya. Sayang kalau momen liburan ke India dilewatkan begitu saja. Soalnya di India banyak tempat-tempat suci. Bahkan di sana juga ada salah satu keajaiban dunia bernama Taj Mahal. Dengan adanya asuransi selama perjalanan, hati Anda akan terus merasa nyaman. Walaupun berada di pasar sekalipun.

2. Berani Bersikap Tegas

Begitu Anda tiba di ibu kota India, tepatnya di New Delhi, secara otomatis Anda akan ditarik-tarik oleh para pedagang. Mereka sangat haus akan pembeli. Mulai dari penjual penak-pernik, balon, buah, dan lain-lain. Kalau Anda tidak berani menolak, bakal habis uang Anda sebelum digunakan untuk belanja sesuai kebutuhan.

Pada masa-masa seperti itu, pikiran Anda harus jernih. Harus bisa memilah antara kebutuhan dengan keinginan. Begitu pula dengan rasa kasihan. Lebih kasihan lagi kalau Anda tidak bisa balik ke Tanah Air gara-gara mengasihani pedagang di India. Selalu amankan asuransi perjalanan Anda apa pun yang terjadi. Sampai datang kebutuhan yang mendesak.

3. Tanyakan Harga Sejelas Mungkin saat di Pasar Tradisional

Sebetulnya India itu tidak berbeda dengan Indonesia. Hanya saja lebih banyak warganya. Ketika Anda berbelanja, kedudukan harga harus tegas. Tidak boleh lemah. Jauh lebih baik Anda survei dulu harga barang-barang di India lewat internet. Toh sekarang dunia sudah ada di genggaman internet. Biar waktu belanja, Anda sudah punya gambaran.

Jadi, saat penjual menerapkan harga tinggi, Anda bisa menolak. Tapi harap jangan banding-bandingkan dengan harga toko sebelah maupun apa yang tertera di internet. Nanti penjualnya marah. Soalnya untuk mendapatkan untung, di India itu sungguh sulit. Rata-rata bertemperamen tinggi ketika tahu ada yang merendahkan. Selalu jaga sikap dan harus sopan.

4. Tawarlah Seekstrem Mungkin

Sudah menjadi kebiasaan para penjual itu menerapkan harga yang tinggi minta ampun. Apalagi di India yang memiliki tingkat persaingan pasar cukup tinggi. Kalau bisa, tawarlah harga lebih murah 2 atau 3 kali lipat dari harga yang ditawarkan. Ini khusus tempat belanja yang boleh menawar. Bukan di sembarang tempat. Soalnya ada yang sudah ada patokannya.

Pahami juga seni menawar yang baik. Ketika harga lebih murah 2 kali lipat tidak mempan, tinggalkan saja lapak itu. Persis dengan yang ada di Indonesia, biasanya begitu tahu ditinggalkan, si penjual akan memanggil-manggil. Di situlah strategi Anda berhasil. Kalau tidak, toh banyak kok penjual yang tersebar di berbagai penjuru India.

5. Wajib Meminta Diskon saat Beli Banyak

Wajar kalau ada diskon ketika beli secara grosir. Cara ini untuk mencegah borosnya biaya belanja ketika ke India. Sekaligus untuk mempertahankan asuransi perjalanan milik Anda biar bisa digunakan semestinya. Khususnya di Kota Vanarasi atau Kota Tua Suci India. Biasanya sih dapat diskon, walau sedikit.

Agenda berbelanja selalu jadi hal yang utama ketika seseorang liburan ke destinasi tertentu. Kalau Anda tak pandai menawar, uang akan mudah habis. Sayang, kan? Padahal kalau bisa menawar, uang itu bisa digunakan untuk membeli makanan atau kebutuhan lainnya. Buat backpacker, silakan catat tips di atas saat belanja sepanjang liburan ke India.

Categories: Lifestyle, Travelling Tags:

Comments

No Comments Yet. Be the first?

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *